PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN MENGHADAPI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PENELITIAN DI SMP PUTRA JUANG HAURWANGI)

Authors

  • Ismi Aristy UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v6i01.13306

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mulai berlangsunya pembelajaran tatap muka terbatasi, dimana menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi lembaha pendidikan. Prilaku kepala sekolah/Madrasah sebagai pemimpin memiliki peran yang sangat penting dalam mengambil tindakat seperti dalam aspek kepemimpinan, motivasi dan menyikapi konflik atau stress yang timbul dari pembelajaran tatap muka terbatas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Prilaku organisasi Pendidikan dalam menyikapi Pembelajaran tatap muka terbatas. 2). Bagaimana Langkah kepala SMP Putra Juang Haurwangi dalam menyikapi pembelajaran  tatap muka terbatas. 3). Bagaimana stress dan konflik yang ditimbulkan dari pembelajaran tatap muka terbatas. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.  Adapun pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumen yang selanjutnya dianalisis. Hasil dari penelitian ini yaitu 1). Prilaku SMP Putra Juang Haurwangi dalam menghadapi pembelajaran tatap muka disambut dengan baik dengan mempersiapkan manajerial sebagaimana aturan protocol Kesehatan yang berlaku 2). Langkah kepala sekolah dalam menghadapi hal ini yaitu mempersiapkan berbagai keperluan yang harus dipenuhi yaitu merancang kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan PTM ini melalui rapat dn koordinasi 3) stress dan konflik yang ditimbulkan cukup bergam yang memberi dampak positif maupun negative yang diperlukannya tindak lanjut Kerjasama seluruh warga sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Rusdiana. Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Edited by Beni Ahmad Saebani. 1st ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

———. Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Adam Indrawijaya. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Adiyono. “Implementasi Pembelajaran: Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Muara Komam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 5017–23.

Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT, RajaGrafindo Persada, 2014.

Agama, Menteri, Menteri Kesehatan, D A N Menteri, Dalam Negeri, Panduan Pei, and Yelenggaraan Pembelajaran. “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risbt, Dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” 2021.

Panji Hendrarso. “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Perguruan Tinggi Menuju Era VUCA : Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta.” Prosiding Seminar Stiami 7 no 2, no (2020): 1–9.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada Siswa Di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ).” Urnal Ilmu Pendidikan, J 3(6), 41 (2021).

Robert Presthus. The Organizational Society. New York Knopf, 1962.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aristy, I. (2025). PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN MENGHADAPI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PENELITIAN DI SMP PUTRA JUANG HAURWANGI). MUNTAZAM, 6(01), 01–08. https://doi.org/10.35706/muntazam.v6i01.13306