IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 INDRAMAYU (INTERNSHIP PROGRAM)
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v6i01.13310Abstract
Implementasi jika dikaitkan dengan implementasi kebijakan pada bidang pendidikan yang terkait dedapat berarti bahwa suatu implementasi kebijakan pendidikan merupakan proses menjalankan satu alternatif kebijakan pendidikan yang telah dipilih dan diputuskan.Kementrian Agama telah menetapkan kebijakan E-Learning untuk seluruh madrasah di Indonesia yang tertera pada website akun resmi kementrian agama. Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar system informasi E-learning madrasah yang ada di indramayu, mengetahui pengimplementasian E-learning dan kelebihan dan kekuranganya. Metode penelelitianya menggunakan metode kualoitatais. Dengan jenis metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasi partisipan, perekaman, dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MTS N 7 Indramayu bahwasanya Implementasi Kebijakan Madrasah di Indramayu sangat membantu guru dalam menjelaskan materi dan siswa juga tidak bosan dalam mengikuti pelajaran, Kebijakan e-learning di MTS Negeri 7 Indramayu saat ini di dukung dengan adanya penerapan dalam kurikulum 2013 yang mewajibkan setiap guru atau sekolah harus menguasai teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah. Oleh karena itu kebijakan e-learning dapat diterapkan dalam pembelajaran Kurikulum 2013.
Downloads
References
Erni TrisKurniawan, Sule dan Saefullah, 2005. Pengantar Manajemen, Jakarta. Prenada Media Jakarta.
H.A.R. Tilaar, dan Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Jumhadi, dan Warijo. “Implementasi penyediaan dana Daerah Urusan Bersama (DDUB).” Jurnal Admirintrasi Publik, JAP Vol. 1, no. No 2 (Desember 2013)
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif RnD Bandung. Alfabeta. Bandung 2015
Syafaruddin. Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Yoyon, Suryono. Desentralisasi dan Anggaran Pendidikan: Proses Kebijakan, Konsep, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: UNY Press, 2007.