Pengaruh Program Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya Terhadap Akhlak Mahasiswa

Authors

  • Shalli Badriyah Hisniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v1i1.4015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menemukan solusi permasalahan Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya dan Akhlak Mahasiswa di Institut Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Penelitian melibatkan sampel sebanyak 183 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment, uji determinasi, uji signifikansi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya berkategori baik sebesar 75,69 %. Deskripsi akhlak mahasiswa di Institut Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya berkategori baik sebesar 74,30 %.  Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah berkorelasi kuat dan positif terhadap akhlak mahasiswa dengan dengan koefiisien korelasi 0,652 dan koefisien determinasi 0,452. Artinya, peningkatan kualitas Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah akan diikuti dengan akhlak mahasiswa. Dan sebaliknya penurunan kualitas Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah akan diikuti dengan akhlak mahasiswa sebesar 45,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yusuf, S., dan A. Juntika Nurihsan. 2012. Landasan Model model bimbinga dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhrowardi. 2013. Konsep Pendidikan K.H. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin. (Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung).Tesis.t.d

Hasanah, A. 2012. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Fatimah, Siti. 2015. Manajemen Kepemimpinan Islam dan Aplikasinya dalam Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harefa, A. 2000. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas.

Jahari, Jaja dan Syarbini, A. 2013. Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kaur, Avneet. 2013. Maslow’s Need Hierarchy Theory: Applications and Criticisms. Global Journal of Management and Business Studies Volume 3 Number 10 (2013) : 1061-1064.

Priansa, D. Juan. 2014. Kinerja dan Pofesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Rusdiana. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2013.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi Mix Methode. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryobroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Taufik, M. BK 2018. Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Bandung: Tesis UIN SGD.t.d.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, H.B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-08-30

How to Cite

Hisniati, S. B. (2020). Pengaruh Program Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya Terhadap Akhlak Mahasiswa. MUNTAZAM, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.35706/muntazam.v1i1.4015