PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN AJARAN TAREKAT QODIRIYAH NAQSYABANDIYAH SURYALAYA TERHADAP AKHLAK MAHASISWA

Penulis

  • Shalli Badriyah Hisniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menemukan solusi permasalahan
Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya dan Akhlak Mahasiswa
di Institut Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah Pondok
Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelatif. Penelitian melibatkan sampel sebanyak 183 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan kusioner berskala Likert. Teknik analisis data
menggunakan korelasi pearson product moment, uji determinasi, uji signifikansi, dan uji
regresi. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah
Naqsyabandiyah Suryalaya berkategori baik sebesar 75,69 %. Deskripsi akhlak
mahasiswa di Institut Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah
Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya berkategori baik sebesar 74,30
%. Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah berkorelasi kuat dan positif
terhadap akhlak mahasiswa dengan dengan koefiisien korelasi 0,652 dan koefisien
determinasi 0,452. Artinya, peningkatan kualitas Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah
Naqsyabandiyah akan diikuti dengan akhlak mahasiswa. Dan sebaliknya penurunan
kualitas Bimbingan ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah akan diikuti dengan akhlak
mahasiswa sebesar 45,2%.


Kata Kunci: Program Bimbingan, TQN, Akhlak

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-27