PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU

Authors

  • Erni Asmawati KKG Gugus 1 Singawinata Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v1i1.4016

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji hipotesis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah
terhadap kinerja mengajar guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode survey korelatif. Populasi terdiri atas 66 guru dan sampel diambil melalui
random sampling area dengan jumlah sampel sebanyak 57 guru SDN 1 Nagri Kidul
kabupaten Purwakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner berskala
Likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment, uji
determinasi, uji signifikansi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan koefisien
korelasi 0,440 dengan koefisien determinasi 0,194 atau sebesar 19,4%. Terdapat
korelasi sedang dan positif antara supervisi akademik kepala madrasah dengan kinerja
mengajar guru. Koefisien korelasi 0,625 dengan koefisien determinasi 0,391 atau
sebesar 39,1%.. Dengan demikian apabila terdapat peningkatan kualitas supervisi
akademik kepala sekolah maka akn diikuti pula oleh peningkatan kinerja menagajar guru,
begitu pula sebaliknya.


Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Mengajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-27

How to Cite

Asmawati, E. (2020). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU. MUNTAZAM, 1(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v1i1.4016