Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat di SMP Nihayatul Amal Karawang

Penulis

  • Taufik Mustofa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kaelani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana

Abstrak

Pemerintah saat ini telah mendorong setiap sekolah untuk menerapkan sistem Pendidikan yang berbasis masyarakat. Peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan merupakan hal yang sangat penting demi tercapainya tujuan Pendidikan. Lembaga Pendidikan saat ini diharapkan memposisikan masyarakat sebagai mitra atau terlibat aktif dalam penyusunan dan pengawasan seluruh program yang dibuat oleh lembaga pendidikan tidak terkecuali Lembaga Pendidikan formal yang berbasis Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana penerapan manajemen Pendidikan berbasis masyarakat dalam pengelolaan kelembagaan di SMP Islam Nihayatul Amal Rawamerta Karawang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, komite, tokoh masyarakat serta dokumen yang relevan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Nihayatul Amal merupakan lembaga lendidikan yang lahir dan dipelopori oleh masyarakat. Oleh sebab itu SMP Nihayatul Amal menerapkan system penyelenggaraan pendidikan yang berbasis masyarakat. Hal ini dapat dapat dilihat dari partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan lembaga pendidikan SMP Nihayatul Amal. Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMP Islam Nihayatul Amal tercermin dari tiga pengelolaan komponen pendidikan yaitu pengelolaan sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan dan pengelolaan kurikulum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-28