Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kabupaten Malang

Authors

  • Sumainah Pengawas Sekolah Madya Madrasah Tingkat Dasar Kementerian Agama Kab. Malang Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Raden Rahmat Malang
  • Aries Musnandar Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i01.6842

Abstract

Keberhasilan pendidikan agama di madrasah ditentukan oleh  profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam,berkaitan dengan peningkatan profesionalisme tersebut  kepala madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum menerapkan  strategi kepemimpinan demokratis  yang cukup efektif dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di lembaganya.sehingga segala upaya meningkatkan profesionalisme  guru Pendidikan Agama Isam sangat menarik untuk diteliti. Salah satu upaya itu adalah Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang”. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang bersifat alami dan ditampilkan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profesionalisme guru Pendidikan Agama Isam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Bululawang Malang cukup memadai dengan beberapa indikator guru Pendidikan Agama Isam sesuai kualifikasi dan tersertifikasi; membuat perencanaan pembelajaran (2) Strategi yang digunakan kepala madrasah: keteladanan, disiplin, motivasi, Focus  Group Discussion (FGD), supervisi; (3) pelaksanaan kepemimpinan demokratis dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.

Kata Kunci : Strategi Kepemimpinan Demokratis, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-24

How to Cite

Sumainah, & Musnandar, A. (2022). Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kabupaten Malang. MUNTAZAM, 3(01). https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i01.6842