Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di SMP Darul Faqih Indonesia Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

Penulis

  • Dessy Suparni Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.1212/muntazam.v3i01.6929

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha pengembangan pendidikan karakter yang ada di SMP Darul Faqih Indonesia, melalui motto “Humble, Confidence, Qualified” saat Pentas PAI tingkat SMP se-Kabupaten Malang tahun 2021. Sekolah ini meraih predikat juara umum, dan sekilas tergambar pendidikan karakter yang sudah, sedang, dan akan dibangun. Terdapat strategi kepala SMP Darul Faqih Indonesia dalam mengembangkan pendidikan karakter di sana. Tujuan penelitian ini untuk (1) Memaparkan karakter apa saja yang dikembangkan pada siswa SMP Darul Faqih Indonesia Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, (2) Mendeskripsikan langkah-langkah yang ditempuh kepala sekolah untuk mengembangkan karakter siswa SMP Darul Faqih Indonesia Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, dan (3) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah untuk memberdayakan guru dalam mengembangkan karakter siswa SMP Darul Faqih Indonesia Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakter yang dikembangkan pada siswa SMP Darul Faqih Indonesia adalah (a) Karakter Utama terdiri dari religius, nasionalis,  mandiri, dan gotong-Royong berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunah wal Jama’ah an-Nahdliyah, (b) Karakter Khusus terdiri dari karakter Qualified, Confidence, dan Humble serta Karakter Unggul dan Berprestasi. (2) Langkah-langkah yang ditempuh Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Siswa SMP Darul Faqih Indonesia adalah: (a) Saat Proses Penerimaan Siswa Baru, (b) Merumuskan dan mensosialisasikan visi sekolah yang sarat dengan pengembangan karakter siswa, (c) Merancang dan mengimplementasi-kan Enam Keunggulan SMP Darul Faqih Indonesia “Satya Adinata Darul Faqih”, (d) Menyelenggarakan program unggulan harian TDI (Tafaqquh fî Dîn al-Islâm) sebagai wadah pengembangan berbagai karakter, (e) Menjadi motivator dan inspirator bagi pengembangan karakter siswa, (f) Melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran dan keterampilan untuk mengembangkan karakter religius, (g) Pengembangan karakter nasionalis-religius dilakukan secara intensif, (h) Mengembangkan karakter mandiri, (i) Mengembangkan karakter gotong-royong dan solidaritas di dalam dan di luar sekolah, (j) Mengembangkan karakter integritas sebagai ciri khas seorang mukmin, dan (k) Mengembangkan karakter Unggul dan Berprestasi untuk meningkatkan reputasi sekolah. (3) Strategi Kepala Sekolah untuk Memberdayakan Guru dalam Mengembangkan Karakter Siswa adalah (a) Menjadi role model bagi guru dan siswa, (b) Melakukan seleksi guru yang berkompeten, (c) Merumuskan dan mensosilaisaikan visi dan misi sekolah kepada para guru, (d) Kepala sekolah merancang dan mengimplementasikan Satya Adinata Darul Faqih, (e) Membentuk 4 Satgas Kejar Reputasi, (f) Memberi ruang up-grade kepada para guru, (g) Mendorong guru untuk aktif menghasilkan karya ilmiah dan meninglatkan kualifikasi akademik, (h) Melakukan supervisi terhadap guru SMP Darul Faqih Indonesia, dan (i) Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada guru sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-07