STRATEGI PENCIPTAAN NILAI PELANGGAN GUNA MEMPEROLEH KEUNGGULAN BERSAING PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Penulis

  • Helina Apriyani Universitas Bina Sarana Informatika

Abstrak

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus mampu menciptakan nilai pelanggan dan keunggulan bersaing agar konsumen Pendidikan merasa terpuaskan. Dalam praktek manajemen Pendidikan, disebutkan bahwa dalam memberikan jasa Pendidikan, pertimbangan aspirasi, keinginan, harapan dan kepuasan konsumen harus diperhitungkan. Selain itu, semua factor yang terkait dengan proses Pendidikan harus dikelola sedemikian rupa sehingga menjamin lulusan yang dihasilkan memenuhi bahkan melebihi kebutuhan dan harapan pelanggan. Strategi penciptaan nilai pelanggan yang baik, maka kepercayaan akan terjalin. Mahasiswa yang menjadi pelanggan Pendidikan akan loyal dan percaya kepada PTS tersebut dalam memperoleh Pendidikan di PTS tersebut. Keunggulan bersaing akan tercipta jika semua komponen nilai pelanggan bisa terpenuhi. Selalu meingkatkan kapabilitas dan kualitas tingkat tinggi. Sebuah PTS yang mampu mengembangkan keunggulan bersaingnya setidaknya tidak akan ditinggalkan mahasiswanya dan minat calon mahasiswa tetap tinggi terhadap PTS tersebut. Keunggulan bersaing berkaitan dengan cara bagaimana perusahaan memilih dan benar-benar dapat melaksanakan strategi generik ke dalam praktik. Penulis menggunakan metode Studi literatur yang merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan peneliti. Penulis dapat mengumpulkan data diperoleh dengan melalui mencari materi dari berbagai literatur berupa buku-buku di perpustakaan, buku modul dan media informasi (internet) yang ada hubungannya dengan karya ilmiah ini.

Kata Kunci: Strategi, Nilai Pelanggan, Keunggulan Bersaing, Perguruan Tinggi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-28