HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SATUAN PAUD SEJENIS SE-KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA

Authors

  • Eva Fitria Latifah STAI.DR.KHEZ.Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.8919

Abstract

Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru Satuan PAUD Sejenis (SPS) se-kecamatan Wanayasa kabupaten Purwakarta tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampel populasi sebanyak 31 guru dari 8 SPS di Kecamatan Wanayasa.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket berskala Likert. Sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis uji hipotesis, analisis korelasi dan regresi dengan menggunaakan bantuan software SPSS Versi 16.0. Kompetensi pedagogik guru SPS se-kecamatan Wanayasa kabupaten Purwakarta dalam kategoci cukup (3,20). Kinerja guru SPS se-kecamatan Wanayasa kabupaten Purwakarta dalam kategori cukup baik (3,15). Hasil pengujian signifikansi diperoleh nilai signifikansi (0,000) < sig. (0,05) dengan nilai Fhitung 11,182 > Ftabel 4,17, menunjukkan terdapat hubungan kompetensi pedagogik (X) dengan kinerja guru (Y). Hasil analisis determinasi memperlihatkan besarnya koefisien determinasi (R Squar)e sebesar 0,278. Nilai determinasi tersebut menunjukkan besarnya hubungan kompetensi pedagogik (X) dengan kinerja guru (Y) sebesar 27,8,8%. Sedangkan sisanya sebesar 72,2% ditentukan oleh variabel lain yang perlu diteliti lebih lanjut karena keterbatasan penelitian ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addin, F. N., Bintang Kejora, M. T., & Kosim, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673

Ali, M. (2022). Transformational Leadership of the Principal on Teacher Performance and School Quality. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2541–2550. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1318

Aurellia, D., Al-akmam, M., Ayu, R., & Nurhasanah, S. (2021). Urgency of Teacher Personality Competency in Building Student Character. Proceeding ICEHOS, 1(1), 111–119.

Erdiyanti, E., & Karimah, U. (2016). Strategi Supervisi Kepala Sekolah di SD IT Al-qalam Kota Kendari. Al-Ta’dib, 9(2), 109–124.

Kejora, M. T. B. (2019). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(2), 364–384.

Kusumaningtyas, A., & Setyawati, E. (2015). Teacher Performance of the State Vocational High School Teachers in Surabaya. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 4(2), 76. https://doi.org/10.11591/ijere.v4i2.4495

Latif, Z. M., Ridwan, & Totanan, C. (2011). Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5(3), 67–77.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Rosda.

Muslim, S. B. (2013). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Nurlaela, N., Aduari, N., & Sudarwadi, D. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Manokwari. Management Business Journal, 4(2), 940–954.

Purnama, N. G., Risnawati, R., & Lismayanti, D. (2021). Teacher’s Pedagogic Competence in Teaching English at Secondary School Level. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(3), 362–376. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i3.127

Rismawan, E. (2015a). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132.

Rismawan, E. (2015b). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(1), 114–132. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.16

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Selviani, S., & Siagian, S. Y. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Mengajar Guru Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 039 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. AL-MUQAYYAD: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.46963/jam.v3i1.154

Sugiyono. (2012). , Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Adhitama.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Adhitama.

Sunartini, F. V., & Dewayani Soeharto, T. N. E. (2016). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru Di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Humanika, 16(1), 22–32. https://doi.org/10.21831/hum.v16i1.12070

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Taufik, M. (2018). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Madrasah. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Trimo, T. (2011). Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Di Sdn 1 Magelung Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 28(1), 124987. https://doi.org/10.15294/jpp.v28i1.5617

Yolanda, E. (2020). Professional and Pedagogical Competence of Early Childhood Education Teachers in Millenial Era. Atlantis Press, 449(19), 66–70. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.013

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Eva Fitria Latifah. (2024). HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SATUAN PAUD SEJENIS SE-KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA. MUNTAZAM, 5(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.8919