ANALISIS PENILAIAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Authors

  • Khabibatul Muflikhah Institut Agama Islam An-nawawi Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.8964

Abstract

Guru yang profesional senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas guru dan senantiasa untuk mengupdate kompetensi yang dimiliki. Seorang guru juga harus memiliki kompetensi yang memadai, adapun kompetensi itu mencakup kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan juga personal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis sumber-sumber pustaka. Penelitian ini dilakukan terhadap hasil-hasil penelitian, buku-buku pustaka, dokumen-dokumen maupun informasi-informasi yang terdapat dalam internet. Tidak ada pembatasan populasi atau sampling dalam penelitian ini sehingga seluruh informasi yang didapatkan merupakan bahan kajian guna mencapai tujuan penelitian ini. Penilaian kinerja dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, dan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyuan, A. (2018). Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar Melalui Penerapan Penilaian Kinerja Guru Di Smp Negeri 5 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(4).

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1).

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Dewi, V. K., & Dkk. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara (Issue 1).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1).

Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2).

Muslim, A. Q., & Wekke, I. S. (2018). Model penilaian kinerja guru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Prasasti, S. (2017). Etos Kerja dan Profesional Guru. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(2).

Sana, M. Y. (2006). PENILAIAN KINERJA GURU MENGENAI PROFESIONALISME GURU DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KABUPATEN KUDUS. Skripsi FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2006, 44(2).

Sari, prila pita. (2020). MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DI MTs NURUL ISLAM JUWANGI. In skripsi (Vol. 8, Issue 75). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Muflikhah, K. (2024). ANALISIS PENILAIAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. MUNTAZAM, 5(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.8964