MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam <p><strong>Muntazam</strong> is an Educational Journal with an open access system or Open Journal System (OJS) published by the Islamic Education Management Study Program, Faculty of Islamic Religion, Singaperbangsa University, Karawang. The Muntazam journal is published twice a year, namely in June and December. The Muntazam journal focuses on the development of education management studies which are carried out through library research and field research. This is intended to enrich the science that is developing in the present.</p> <p> </p> <p><strong>Focus &amp; Scope</strong></p> <p>This journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, expert researchers, policy analysts, supervisors, supervisors, educational evaluators, professional associations, bureaucrats and education/school management practitioners, madrasas and tertiary institutions. This journal includes scientific articles, research results, contemporary issues, innovative thinking, and reviews related to the scientific field of education management in all fields including:</p> <ol> <li>Leadership,</li> <li>Educational Planning</li> <li>Strategic Management</li> <li>Education policy</li> <li>Educational Oversight and Supervision</li> <li>Educational Quality Management</li> <li>Education Human Resource Management</li> <li>Management of Public Relations in Education Sector</li> <li>Educational Organizational Behavior and Culture</li> <li>Educational Financial Management</li> <li>Education Financing</li> <li>Decision-making</li> <li>Stress and Conflict Management in Educational Institutions</li> </ol> <p>The Muntazam Journal is committed to developing collaborative research publications and scientific studies with universities, research institutes and scientific journals nationally, regionally and internationally.</p> <p><strong>ISSN Online : 2723-6765</strong></p> <p><strong>ISSN Print : 2723-5882</strong></p> id-ID muhamad.taufik@fai.unsika.ac.id (Muhamad Taufik BK, S.Pd.I., M.Pd) kejora.smart@gmail.com (Muhamad Taufik BK, S.Pd.I., M.Pd) Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Evolusi Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional Jasa Pendidikan https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10174 <p>Manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisa, merencanakan, mengimplementasi, dan mengawasi, guna memperoleh tingkat pertukaran yang menguntungkan untuk mencapai tujuan organisasi. Evolusi pemasaran relasional menjadi sangat penting karena pendidikan adalah jasa yang memerlukan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran relasional dapat membantu sekolah untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperoleh pelanggan baru melalui rekomendasi dari pelanggan yang sudah ada. Paparan artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif yang berlandaskan pada tulisan-tulisan para ahli pendidikan, mencoba mencari evolusi pemasaran dan pemasaran jasa pendidikan. Kesimpulan penulisan artikel ini adalah Pemasaran jasa pendidikan merupakan cara untuk melakukan sesuatu dimana siswa, orang tua siswa, karyawan sekolah, dan masyarakat menganggap sekolah sebagai institusi pendukung masyarakat yang berdedikasi untuk melayani kebutuhan pelanggan jasa pendidikan sedangkan Pemasaran relasional difokuskan pada rekrutmen dan mempertahankan atau memelihara pelanggan jasa pendidikan, hubungan antara sekolah dan pelanggan jasa pendidikan.</p> Dimas Zuhri Ahmad, Abdul Muin Hak Cipta (c) 2023 MUNTAZAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10174 Sun, 03 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Melalui Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10884 <p>Pendidikan merupakan bagian penting pada pembangunan suatu negara. Hanya saja, tingkat pendidikan di Indonesia belum mencapai kualitas terbaik. Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan hal ini masih terus dilakukan. Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia mengacu pada 8 standar yang dihasilkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan pedoman penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengarahan pendidikan. Standar nasional pendidikan meliputi 8 standar yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan (pendanaan) dan standar penilaian pendidikan (evaluasi). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskritif yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. pemenuhan standar pendidikan di SMA Negeri 6 Batang Hari sudah terpenuhi. Penilaian terhadap hasil belajar siswa semua telah dilakukan secara baik sesuai dengan peraturan yang ditetapkan</p> Amrizal, Muamar Qadafi, Ayu Sumarni, Arfa Dina, Sella Fransiska Hak Cipta (c) 2023 MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10884 Tue, 26 Dec 2023 00:00:00 +0700 Manajemen Pembelajaran Inovatif: Integrasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10996 <p>Penelitian ini bertujuan untuk merangkum dan menganalisis strategi manajemen pembelajaran yang inovatif dalam membentuk karakter positif pada tahap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi literatur dengan mengeksplorasi konsep-konsep kunci dan praktik terbaik yang relevan. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa pendekatan inovatif dalam manajemen pembelajaran membuka peluang untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kurikulum anak usia dini. Guru sebagai pemimpin pendidikan, memiliki peran sentral dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang kreatif dan mendalam. Implementasi program pembelajaran melibatkan penggunaan metode inovatif, proyek kolaboratif, dan pemanfaatan literatur pendukung yang bersifat karakter. Meskipun penelitian ini bersifat literatur, sintesis informasi dari berbagai sumber membuktikan bahwa pendidikan karakter pada anak usia dini dapat efektif diintegrasikan melalui pendekatan inovatif dalam manajemen pembelajaran. Implikasi dari temuan ini mengarah pada pengembangan kurikulum yang responsif dan sumber daya guru yang berfokus pada aspek karakter.</p> Risnajayanti Hak Cipta (c) 2024 MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10996 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Peranan Bimbingan Teknis Penguatan Akreditasi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Aisyiyah Se Kota Kendari https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/11045 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan teknis dalam penguatan akreditasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pemahaman, dampak, hambatan, dan rekomendasi peningkatan terkait dengan proses akreditasi di lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik dan tenaga kependidikan memiliki pemahaman yang memadai terhadap konsep akreditasi, namun tantangan muncul dalam implementasi praktisnya. Bimbingan teknis ditemukan memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan menghadapi proses akreditasi. Meskipun efektif, variasi dalam dampak menunjukkan kebutuhan untuk pendekatan yang lebih terpersonal. Dampak penguatan akreditasi mencakup peningkatan kualitas pendidikan, reputasi lembaga, dan motivasi para pendidik dan tenaga kependidikan. Namun, beberapa hambatan seperti kompleksitas persyaratan, keterbatasan sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan diidentifikasi. Rekomendasi untuk peningkatan melibatkan pengembangan panduan yang lebih jelas, pelatihan tambahan, dan pemanfaatan teknologi. Pentingnya upaya berkelanjutan untuk mendukung implementasi akreditasi yang efektif, mengatasi hambatan, dan memastikan peran sentral pendidik dan tenaga kependidikan dalam mencapai standar kualitas pendidikan yang tinggi</p> <p><strong> </strong></p> <p> </p> Halima, Asrul, Nurlina Hak Cipta (c) 2024 MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/11045 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Batanghari https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/11106 <p>Penelitian ini bertujuan dalam rangka mengetahui sejauh mana terlaksananya sistem manajemen mutu pendidikan berdasarkan standar manajemen mutu internal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Batang Hari dalam pengembangan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ialah untuk mendeksripsikan dan mengetahui bagaimana menerapkan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dimana metode pengambilan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Sampel dari penelitian yakni kepala sekolah. Hasil dari penelitian memperlihatkan tingkatan persentase pencapaian implementasi manajemen penjaminan mutu internal yang meliputi aspek system observasi dan dokumentasi.</p> <p>Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Sistem Penjaminan Mutu Internal</p> <p>&nbsp;</p> Amrizal, Agus Pranata, Dira Ayu Miranda, Fitri Rahma Yunita, Sukatin Hak Cipta (c) 2024 MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/11106 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700