Analisis Supply And Demand Tenaga Pendidik Pada Satuan Pendidikan Dasar

Penulis

  • Muhamad Taufik BK Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.1212/mj.v1i1.4013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis demand (kebutuhan tenaga pendidik) dan supply (ketersediaan  tenaga pendidik), faktor-faktor penyebab, dampak, dan solusi atas kondisi atas kebutuhan dan ketersediaan tenaga pendidik di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan  metode deskriptif studi kasus.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi tenaga pendidik di SDN 1 Nagrikidul mengalami surplus (kelebihan tenaga pendidik) atau kondisi non-equilibrium (ketidakseimbangan demand dengan supply). Beberapa penyebab kondisi nonequilibrium tersebut yaitu kebijakan pemerintah daerah atas sekolah negeri, kebijakan yang belum berbasis riset, kewenangan  kepala sekolah, kondisi guru dan pendekatan perencanaan tenaga  pendidik.  Kondisi surplus tenaga pendidik tersebut menimbulkan permasalahan dan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi lembaga SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Namun meskipun demikian sebagai sebuah lembaga pendidikan profesional tentunya SDN 1 Nagrikidul mampu mengambil langkah strategik dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan kondisi surplus tersebut

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alcalá, N. R. L. (2018). 2018 Oklahoma Educator Supply & Demand Report. Oklahoma State Department of Education.

Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publication. Inc.

Donitsa-Schmidt, S., & Zuzovsky, R. (2014). Teacher Supply and Demand: The School Level Perspective. American Journal of Educational Research, 2(6), 420–429. https://doi.org/10.12691/education-2-6-14

Mawarti, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia; Sebuah Analisis dan Identifikasi Kebutuhan pada Satuan Pendidikan. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6, 30–48. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/4799

National Center for Educational Statistics. (1993). Modeling Teacher Supply and Demand, with Commentary (Issue June). https://nces.ed.gov/pubsearch/pubsinfo.asp?pubid=93461

Safri, H. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 102–112.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Refika Adhitama.

Sutcher, L., Darling-Hammond, L., & Carver-Thomas, D. (2016). A coming crisis in teaching? Teacher supply, demand, and shortages in the U.S. Learning Policy Institute, September, 136 p. https://learningpolicyinstitute.org/product/coming-crisis-teaching

Sutcher, Leib, Darling-Hammond, L., & Carver-Thomas, D. (2016). A Coming Crisis in Teaching? Learning Policy Institute, 1–100. https://learningpolicyinstitute.org/

Tempel, M. (2017). Generative art for all. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s13731-017-0072-1

Ulferts, G., Wirtz, P., & Peterson, E. (2009). Strategic Human Resource Planning In Academia. American Journal of Business Education (AJBE), 2(7), 1–10. https://doi.org/10.19030/ajbe.v2i7.4123

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-30