HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MADRASAH

Penulis

  • Nurul Fauzyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.1212/mj.v1i1.4018

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menguji hipotesis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Penelitian
melibatkan sampel sebanyak 47 guru Madrasah Adabiyah Islamiyah Tingkat Madrasah
Tsanawiyah Kabupaten Purwakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner
berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment, uji
determinasi, uji signifikansi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan koefisien
korelasi 0,615 dengan koefisien determinasi 0,378 atau sebesar 37,8%. Terdapat
korelasi kuat dan positif antara supervisi kepala madrasah dengan motivasi kerja guru.
Koefisien korelasi 0,625 dengan koefisien determinasi 0,391 atau sebesar 39,1%. Nilai
signifkansi menunjukkan terdapat korelasi kuat dan positif antara motivasi kerja dengan
kinerja guru. Dengan demikian apabila terdapat peninigkatan motivasi kerja maka akn
diikuti pula oleh peningkatan kinerja guru, begitu pula sebaliknya.
Kata Kunci: Motivasi, Kinerja

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-27