Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Terpadu Ad-Dimyati Kota Bandung

Authors

  • Iwan Hermawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Shalahudin Ismail Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yayat Hidayatulloh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam, dan 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu Ad-Dimyati Jl. Wahid Hasyim No. 429-433 Kota Bandung.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka.
Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu Ad-Dimyati Jl. Wahid Hasyim No. 429-433 Kota Bandung, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kepala sekolah sebagai pimpinan dan administrator harus menjalankan tugas-tugasnya yang berkenaan dengan penyusunan perencanaan, mengarahkan kegiatan serta mengawasinya dan sebagai administrator membimbing kegiatan belajar mengajar. 2) Wakasek Kurukulum sebagai pengelola administrasi guru yang bertanggung jawab mendata kelengkapan program serta mendata pelaksanaan tugas guru dan sebagai pengelola evaluasi menyususn perangkat pelaksanaan evaluasi belajar, harus selalu berkoordinasi dengan guru, sehingga program kurikulum dapat dicapai guru mata pelajaran.


Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-01-01