KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 CIKARANG SELATAN

Penulis

  • Muhammad Tawab Fakultas Agama Islam Unsika
  • Amirudin Fakultas Agama Islam Unsika
  • Acep Nurlaeli Fakultas Agama Islam Unsika

Abstrak

Regulasi pedoman pelaksanaan Pendidikan Karakter di kabupaten Bekasi tertuang dalam peraturan Bupati Nomor 45 tahun 2019 menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan karakter pada satuan pendidikan yang bertujuan di antaranya membentuk budi pekerti luhur peserta didik. Kontribusi KH. Hasyim Asy'ari tentang pendidikan karakter dalam kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim, dapat dikategorikan ke dalam corak yang praktis dan berpegang teguh pada Al-qur'an dan Hadis, serta atsar. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim. 2) Untuk mengetahui penguatan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Cikarang Selatan. 3) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim dalam penguatan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data primer berasal dari kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim dan sumber sekunder berasal dari informan wawancara, dokumen, observasi. Teknik pengumpulan data: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), penarikan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian: karakter pendidik dan peserta didik dalam Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim antara lain selalu membaca materi sebelum

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-26