Aktivitas Antioksidan Sediaan Nutrasetikal Gummy Candy dari Rebusan Daun Sirsak (Annona muricata L.) dengan Variasi Konsentrasi Gelatin dan Pektin

Main Article Content

Aldila Fajar Oktriyanto
Untia Kartika Sari Ramadhani
Dewi Damayanti Abdul Karim

Abstract

Latar Belakang: Daun sirsak (Annona muricata L.) mengandung senyawa aktif flavonoid dan acetogenin memiliki manfaat sebagai antioksidan. Formulasi gummy candy membutuhkan bahan gelling agent yang termasuk ciri khas gummy candy untuk mendapatkan sifat fisik dan stabilitas yang baik. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi gelatin dan pektin terhadap sifat fisik dan stabilitas, mengetahui nilai aktivitas antioksidan IC50, dan mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap sediaan nutrasetikal gummy candy dari rebusan daun sirsak (Annona muricata L.). Metode: Formulasi gummy candy dibuat dengan variasi konsentrasi gelatin dan pektin pada F1, F2, dan F3 berturut-turut 25:5; 20:10; dan 15:15. Evaluasi dilakukan dengan uji organoleptik, keseragaman bobot, kadar air, pH, elastisitas, stabilitas, hedonik, dan antioksidan. Secara keseluruhan uji organoleptik dihasilkan warna jingga, beraroma essence sirsak, rasa manis dan manis asin, kenyal dan tidak kenyal. Hasil: evaluasi terhadap sediaan gummy candy menunjukkan bahwa elastisitas sebesar 1.16-1.53 cm, pH 5.263-5.293, dan keseragaman bobot yang sesuai, namun kadar air melebihi persyaratan yaitu 26.566-26.666 (>20%). Selama pengujian stabilitas terjadi perubahan elastisitas dan kadar air. Berdasarkan hasil uji hedonik, didapatkan F1 paling disukai pada parameter tekstur dan rasa sedangkan F2 paling disukai pada parameter warna dan aroma. Hasil uji antioksidan gummy candy menunjukkan aktivitas antioksidan sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 13.929. Kesimpulan: variasi konsentrasi gelatin dan pektin pada tiap formula memengaruhi elastisitas, kadar air, dan stabilitas sediaan gummy candy.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Oktriyanto AF, Ramadhani UKS, Karim DDA. Aktivitas Antioksidan Sediaan Nutrasetikal Gummy Candy dari Rebusan Daun Sirsak (Annona muricata L.) dengan Variasi Konsentrasi Gelatin dan Pektin. PharmaCine [Internet]. 2023Sep.1 [cited 2024Apr.30];4(2):120-4. Available from: https://journal.unsika.ac.id/index.php/pharmac/article/view/10078
Section
Artikel

References

Pengolah dan Bioteknol Has Perikan.

Fauzi MF, Aryani R, Darma GCE. Formulasi Sediaan Gummy Candy Ekstrak Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia (Christm) Swingle) dan Uji Aktivitas Terhadap Streptococcus Mutans Penyebab Karies Gigi. Pros Farm. 2019;05.

Negara JK, Sio AK, Rifkhan, et al. Aspek Mikrobiologis serta Sensori (Rasa, Warna, Tekstur, Aroma) pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda. J Ilmu Produksi dan Teknol Has Peternak. 2016;4(2):286-290.

Puspitasari D, Romadoni IF, Suwardiah DK, Pangesthi LT. Studi Kesukaan Responden Terhadap Jenang Makanan Khas Wonogiri. J Tata Boga. 2022;11(3):28-35.

Maligan JM, Amana BM, Putri WDR. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Karakteristik Organoleptik Produk Roti Manis Di Kota Malang. J Pangan dan Agroindustri. 2018;6(2):86-93.

Lima LARS, Pimenta LPS, Boaventura MAD. Acetogenins From Annona Cornifolia And Their Antioxidant Capacity. Food Chem. 2010;122:1129-1138.

Ibroham MH, Jamilatun S, Kumalasari ID. A Review: Potensi Tumbuhan-Tumbuhan Di Indonesia Sebagai Antioksidan Alami. J UMJ. Published online 2022:1-13.