Pengaruh Penyuluhan tentang Tablet Tambah Darah Menggunakan Media leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Cina Kabupaten Bone

Main Article Content

Rahmah Akil
Suherman Rate
Kurnia Yusuf
Fitri Wahyuni
Siti Nur Intang

Abstract




Latar Belakang: Kepatuhan terhadap konsumsi tablet tambah darah di Indonesia masih sangat rendah, yang secara umum diakibatkan oleh rendahnya pengetahuan mengenai tablet tambah darah. Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Tablet Tambah Darah menggunakan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Cina Kab. Bone. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan One Group Pre – Post Test untuk melihat Pengaruh Penyuluhan Tentang Tablet Tambah Darah Menggunakan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Cina Kabupaten Bone. Hasil: Hasil analisis uji statistik dengan uji Paired t-test didapatkan untuk pengaruh penyuluhan pada pengetahuan dengan nilai p-Value 0,000<0,05. Yang berarti ada pengaruh penyuluhan tentang tablet tambah darah terhadap pengetahuan responden. Sementara untuk pengaruh penyuluhan pada sikap didapatkan nilai dengan p-Value 0,000<0,05. Yang berarti bahwa ada pengaruh penyuluhan tentang tablet tambah darah terhadap Sikap responden. Kesimpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan tablet tambah darah menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan, sikap, dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada ibu hamil di wilayah kerja upt puskesmas cina kab. bone.


Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Ibu Hamil, Tablet Tambah Darah




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Akil R, Rate S, Yusuf K, Wahyuni F, Intang SN. Pengaruh Penyuluhan tentang Tablet Tambah Darah Menggunakan Media leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Cina Kabupaten Bone. PharmaCine [Internet]. 2021Sep.15 [cited 2024Apr.23];2(2):115-27. Available from: https://journal.unsika.ac.id/index.php/pharmac/article/view/6316
Section
Artikel

References

Aditianti, dkk. 2015. Pendampingan Minum Tablet Tambah Darah (Ttd) Dapat Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi Ttd Pada Ibu Hamil Anemia (Family And Cadre Supports Increased Iron Pils ComplianceIn Anemic Pregnant. Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi.Edisi Juni 2015 Vol. 38 (1). Hal: 71-78

Asiyah, Rusnoto,Susanti,I. 2013. Budaya Pantang Makan, Status Ekonomi, dan Pengetahuan Zat Gizi Ibu Hamil pada Ibu Hamil Trimester III dengan Status Gizi. JIKK. Edisi Januari 2013 Vol. 4, No.1.Hal: 1-9

Azwar, Saifuddin. 2013. “Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya.” Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya.

Citrakesumasari,2012. Anemia Gizi, Masalah Dan Pencegahannya.Kalika: Yogyakarta

Jannah, Muslihatul, and Ni Nengah Arini Murni. 2019. “Penggunaan Media Audio Visual Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Pada Ibu Hamil.” Jurnal Kesehatan Prima.

Kemenkes RI and Account-Indonesia, M. C. (2015) „Pedoman Program Pemberian dan Pemantauan Mutu Tablet Tambah Darah Untuk Ibu Hamil Wilayah Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat‟,(21), p. 49.

Komsan, Suriya. 2016. “Forecasting Crude Oil Price Using Neural Networks.” Chiang Mai University Journal of Natural Sciences.

Masyudi, Masyudi. 2020. “Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan media Lembar Balik terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Gizi Kurang di Puskesmas Krueng Barona Jaya.” Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA).

Notoatmodjo. 2007. Rineka Cipta Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta.: Rineka Cipta.

Pertiwi, Popi Guswir. 2018. “Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Leaflet Dan Video Terhadap Perubahan Pengetahuan Anemia Pada Remaja Putri Untuk Pencegahan Anemia Di Smkn 3 Kota Padang Tahun 2018.” In Journal of Chemical Information and Modeling,.

Rahmanindar, Nora, and Riska Arsita Harnawati. 2020. “Pengaruh Penyuluhan Program Isi Piringku terhadap Peningkatan Sikap dan Perilaku Ibu dalam Manangani Balita Gizi Buruk.” Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan).

Setyaningsih, Sri. 2008. Ilmu Gizi: Korelasi Gizi Kesehatan dan Produktifitas Kerja Pengaruh

Interaksi, Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Praktek Ibu Dalam Pencegahan Anemia Gizi Besi Balita Di Kota Pekalongan Tahun 2008.

Supariasa, 2012.Penilaian Status Gizi.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Wabula, M. 2014. Hubungan Antara Kepatuhan Konsumsi Tablet Besi dan Infeksi Malaria dengan Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Kota Ambon. Universitas Udayana Denpasar. Tesis.

Wiwit, Tri.2012.Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto

Prafuriantini Siti, 2015. Penyuluhan Terhadap Motivasi Ibu Hamil dalam mengkonsumsi Tablet Fe di Desa Bakalan Kecamatan Gondong. Jurnal Proposal Peran Petugas.hal 1-8

Sri Setyaningsi, 2008. Pengaruh Interaksi, Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktek Ibu dalam Pencegahan Anemia Gizi Besi Balita di Kota Pekalongan, Universitas Diponegoro Semarang. Tesis.

Purbowati, 2016. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Lembar Balik Dan Leaflet Terhadap

Kepatuhan Ibu Hamil MengkonsumsiTablet Besi. Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Volume VI

Nomor 3, Agustus