Strategi Komunikasi Marketing dalam Menarik Minat Pengunjung Ujung Berung Town Square

Penulis

  • Aprilliana Harsa Putri Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
  • Maya Retnasary Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3741
Abstrak views: 25

Abstrak

Transformasi Bandung Timur Plaza merupakan salah satu proyek percontohan pengelolaan pedagang kaki lima di Bandung oleh Koperasi. Proses transformasi dimulai dengan perubahan nama Bandung Timur Plaza menjadi Ujung Berung Town Square pada tahun 2016. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Ujung Berung Town Square dalam menarik minat pengunjung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi ke lapangan dan wawancara semi terstruktur. Pendekatan penelitian ini dibangun dengan model bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelola Ujung Berung Town Square memilih empat bauran pemasaran yang paling efektif meningkatkan jumlah pengunjung yaitu Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Promosi Penjualan serta Pemasaran Online dan Media Sosial. Komunikasi Pemasaran yang dilakukan telah berhasil meningkatkan rata-rata jumlah pengunjung sebanyak 26,42% dari kurun waktu 2018 hingga 2019.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pemasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Downloads

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Putri, A. H., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Marketing dalam Menarik Minat Pengunjung Ujung Berung Town Square. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 196-202. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3741

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana