IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM HIDDEN CURRICULUM DI SEKOLAH TUNAS UNGGUL BANDUNG

Authors

  • Eddy Junaedi Dosen Manajemen Pendidikan Islam FAI Unsika

Abstract

Pada lingkungan sekolah hidden curriculum berfungsi dan mendukung serta menyempurnakan kurikulum formal. Terdapat sejumlah aspek untuk mengimplementasikan hidden curriculum di sekolah, di antaranya praktik dan hasil pembelajaran yang tidak diuraikan dalam kurikulum formal dan hanya melalui petunjuk dan kebijaksanaan sekolah. Karena itu, kurikulum formal dan Hidden curriculum saling melengkapi, keduanya tidak dapat dipisahkan dalam prakteknya di lingkungan sekolah.
Mengenai hidden curiculum sebagai penguatan wawasan bahwa selama ini dalam upaya membangun karakter peserta didik tidak hanya terpaku melalui kegiatan pada kurikulum potensial. Sedangkan hidden curiculum yang selama ini belum banyak mendapatkan perhatian optimal di lembaga sekolah diyakini memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang potensi pendidikan karakter di Sekolah Tunas Unggul Bandung.
Jenis penelitian yang akan digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dan pendekatan komprehensif (holistik). Pihak-pihak yang dijadikan sumber data, yaitu Direktur Sekolah Tunas Unggul, dan Kepala SMP Tunas Unggul Bandung serta dokumen-dokemen sekolah yang ada hubungannya dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan karakter dilaksanakan di Sekolah Tunas Unggul Bandung merupakan pendekatan yang menyertai kurikulum yang digunakan di sekolah. Pada setiap kegiatan intrakurikuler maupun dalam bidang ekstrakurikuler di dalamnya terkandung hidden curriculum yang terdapat nilai-nilai karakter.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Hidden Curriculum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Asdi Mahastya.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karekter Bangsa; Pedoman Sekolah, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas,

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter; solusi yang tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Balai Pustaka,

Sanjaya, Win. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), cet.I. Jakarta: Kencana

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed.2, cet.3. Jakarta: Balai Pustaka

Profil Sekolah Tunas Unggul Tahun 2018/2019.

Published

2018-04-20