Kebiasaan Belajar dalam Literasi Matematika Siswa SMP di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.7154Abstrak
Masa pandemi Covid-19 membuat perubahan dalam kegiatan belajar di sekolah, dimana siswa dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Pembelajaran literasi matematika tetap harus dilakukan siswa karena literasi matematika merupakan kemampuan seseorang yang dapat merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam konteks kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses belajar literasi matematika siswa SMP dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Karang Bahagia yang terdiri dari 16 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket literasi dan wawancara. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana siswa belajar literasi matematika selama masa pandemi dengan indikator waktu belajar, sumber belajar, memahami konteks matematika, mengaitkan ragam teks matematika.