https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/issue/feed Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education 2024-06-20T00:00:00+07:00 Dr. Rika Mulyati Mustika Sari radian@fkip.unsika.ac.id Open Journal Systems <div> <ol> <li>Journal Title:<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian"> Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education</a></li> <li>Initials: RJ-RRME</li> <li>Abbreviation: Radian</li> <li>Frequency: 4<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/issue/archive" target="_blank" rel="noopener"><span class="Y2IQFc" lang="en"> issues per year (March, Juni, September &amp; Desember) </span></a></li> <li>DOI: Prefix 10.35706 by <em><strong>Crossref</strong></em></li> <li>Online ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2961-7049">2961-7049</a></li> <li>Editor in Chief: <strong>Dr. Rika Mulyati Mustika Sari<br /></strong></li> <li>Email: radian@fkip.unsika.ac.id</li> <li>Publisher: <a href="https://pmtk.unsika.ac.id/"><strong>Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang</strong></a></li> <li>Index by: <a href="https://search.crossref.org/?q=2961-7049&amp;from_ui=yes"><strong><em>Crossref</em></strong></a> <em><strong><a title="Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/27449" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong></em>, <a title="Profile Google Scholar Speed" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;user=tGLd0OYAAAAJ" target="_blank" rel="noopener"><em><strong>Google Scholar</strong></em></a></li> </ol> </div> <div> </div> https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/article/view/9052 Implementasi Etnomatematika Pada Bangunan Kuno Kawasan Kampung Kemasan Gresik Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Pada Materi Bangun Ruang 2023-06-17T15:15:41+07:00 Nurul Rakhma Aulia rakhmahauliaa@gmail.com Indah Wahyuni indahwahyuni@uinkhas.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan komunikasi matematis pada siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). Instrumen yang digunanakan dalam penelitian, yaitu dengan menggunakan lembar angket penilaian dan lembar angket soal yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diberikan guru kepada siswa. hasil yang diperoleh, diantaranya : a. kemampuan komunikasi matematis antar siswa dapat meningkat b. siswa dapat memahami materi bangun ruang.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/article/view/8812 Deskripsi Disposisi Produktif Siswa pada Pembelajaran Luring Setelah Era New Normal 2023-09-25T17:33:28+07:00 Fadhia Isnaini Putri 2010631050066@student.unsika.ac.id Karunia Eka Lestari karunia@fkip.unsika.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan disposisi produktif siswa pada masa transisi pembelajaran daring ke luring sebagai akibat dari pandemi covid-19 atau yang dikenal dengan Era <em>New Normal</em>. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan ialah instrumen non tes berupa angket yang terdiri dari 22 penyataan yang mengamati aspek disposisi produktif. Adapun aspek yang diamati antara lain (1) Tidak mudah menyerah; (2) Percaya diri terhadap kemampuan; (3) Memiliki keingintahuan yang &nbsp;tinggi; (4) Semangat dalam belajar; dan (5) Mau berbagi pengetahuan dengan teman yang lain; (6) Menyukai &nbsp;matematika. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas IX SMP Al-Rahmah Jakarta Utara yang dipilih melalui metode <em>purposive sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa berada pada kategori “Baik” yaitu sebesar 80%.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/article/view/6734 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Segi Empat Berdasarkan Kecemasan Matematika 2022-12-24T17:35:59+07:00 Jasmine Ramadhani Lasdianto jasminerlasdianto@gmail.com Haerudin haerudin@fkip.unsika.ac.id Agung Prasetyo Abadi agung.abadi@fkip.unsika.ac.id <p>Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi segi empat berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator, yaitu mampu memahami masalah yang ada, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, serta mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang mampu melewati dua indikator, yaitu mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil tidak tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu melewati satu indikator, yaitu mampu memahami masalah, namun tidak mampu menyusun rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Kemampuan Pemecahan Masalah, Tingkat Kecemasan, Segi Empat.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/article/view/9143 Logika Matematika Perspektif Nilai-Nilai Moral Berlandaskan Ayat-Ayat Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-Hari 2023-06-09T10:19:53+07:00 Devita Indri Febiani devitaif24@gmail.com Nailis Sa’adah nalisa994@gmail.com Mohammad Kholil mkholil@uinkhas.ac.id Elvi Nurdina nurdinaelvi512@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan bagaimana logika matematika dapat digunakan sebagai alat pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral yang terdapat dalam ajaran Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau studi literatur. Peneliti menggunakan metode survei bibliografi untuk mengumpulkan data untuk membahas judul penelitian. Data yang relevan dikumpulkan dengan menarik kesimpulan khusus dari teori-teori umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa ayat Al-Quran yang mengandung logika matematika perspektif nilai moral, diantaranya surat Al-Insyirah, surat Al-Fatihah, Surat An-Nisa’, dan lain lain. Nilai moral yang terdapat dalam surat-tersebut diantaranya jujur, gigih atau pantang menyerah, patuh pada hukum, dan lain sebagainya.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian/article/view/8821 Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran 2023-12-27T13:19:17+07:00 Nada Dwi Putri Rahima 2010631050022@student.unsika.ac.id Redo Martila Ruli redo.martila@fkip.unsika.ac.id <p>Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu cara yang digunakan dan harus dimiliki siswa untuk mengembangkan pola pikir, menemukan solusi permasalahan, serta menarik kesimpulan terkait matematika. Tujuan dari penelitian adalah ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model studi kasus. Populasi yang diperoleh dari 38 siswa kelas IX di salah satu SMP Cikarang Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen tes kemampuan koneksi matematis yang terdiri dari 3 indikator melalui 3 butir soal yang diberikan dalam bentuk uraian disertai dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa terhadap materi lingkaran dilihat dari penilaian yang diperoleh dari 38 siswa disertai dengan wawancara dan observasi. Indikator kemampuan koneksi matematis terdiri dari 1) menghubungkan antar konsep matematika, 2) menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, 3) menghubungkan konsep matematika dengan bidang ilmu lain. Hasil dari tes tersebut menghasilkan 6 siswa yang dikategorikan rendah, 24 siswa yang dikategorikan sedang, dan 8 siswa yang dikategorikan tinggi.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education