Pengaruh Kemampuan Literasi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa SMP Kelas VIII

Penulis

  • Nazira Yasmin Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penting untuk memahami pola bilangan dengan melihat gambar atau objek yang mengikuti aturan tertentu. Kemampuan literasi matematis yang teratur sangat diperlukan untuk mengenali dan memahami pola dasar yang telah ditentukan. Selain itu, dibutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk menguasai materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah kemampuan literasi matematis memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dengan metode kuantitatif non-eksperimen. Data dihitung dengan menggunakan interval, terdiri dari enam soal, tiga untuk menguji kemampuan literasi matematis, dan tiga untuk menguji kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa. Analisis dilakukan melalui regresi linear sederhana untuk menentukan hubungan antara variabel independen (kemampuan literasi matematis) dan variabel dependen (kemampuan berpikir tingkat tinggi). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 95%, terdapat pengaruh signifikan sebesar 16,3% dari kemampuan literasi matematis terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Sebagian sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kesimpulannya, kemampuan literasi matematis berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan permasalahan pola bilangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Yasmin, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Literasi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa SMP Kelas VIII. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 149–155. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10349

Terbitan

Bagian

Artikel