Studi Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender

Authors

  • Fitri Nur Arielhan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena kemampuan berpikir kritis memiliki peranan yang sangatlah penting, salah satu kemampuan berpikir kritis yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan gender, populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu telah ditentukan oleh guru bidang studi, diperoleh kelas VIII E dengan jumlah 22 siswa, 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes berbentuk essay pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) sebanyak 4 soal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif non-eksperimen dan pengelolaan data menggunakan uji t (Independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa laki-laki dan perempuan, rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki sebesar 42,10 sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa perempuan sebesar 49,92. Berdasarkan data yang diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki lebih rendah daripada siswa perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-30

How to Cite

Nur Arielhan, F. (2024). Studi Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 223–229. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10393