Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Operasi Dasar Aljabar Kelas VII SMP/MTs

Penulis

  • Rizkia Annisa Maharani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi Operasi Dasar Aljabar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Damaskus di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari dua soal dan dikerjakan secara mandiri. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 4 siswa (22%) yang termasuk dalam kategori tinggi dengan menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam memecahkan masalah. Lalu, terdapat 10 siswa (56%) yang termasuk dalam kategori sedang dengan menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam memecahkan masalah serta terdapat 4 siswa (22%) yang termasuk dalam kategori rendah dengan menunjukkan kemampuan yang kurang dalam memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII Damaskus di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah berada di kategori sedang dan masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kemampuan menyusun rencana dan melihat kembali hasil penyelesaian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Maharani, R. A., & Sutirna. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Operasi Dasar Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 390–400. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10402

Terbitan

Bagian

Artikel