PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MOODUNDERSTAND-RECALL-DIGEST-EXPAND-REVIEW (MURDER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Rifahana Yoga Juanda STKIP Sebelas April Sumedan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood-UnderstandRecall-Digest-Expand-Review (MURDER) dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan kategori Pengetahuan Awal Matematis (PAM) siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment terdiri dari kelas eksperimen yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe MURDER dan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung dengan sampel dipilih dua kelas secara acak dari empat kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes PAM dan tes pretes-postes pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data dilakukan terhadap pretest dan rataan gain dua kelas sampel berdasarkan keseluruhan maupun PAM. Analisis data pretes menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan rataan gain menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua kelas sampel berdasarkan kategori PAM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Baig, S dan Halai, A. 2006. Learning Mathematical Rules With Reasoning. Juornal: Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education BSNP. 2006.

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas.2006.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas Kartini. 2011.

Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta belief matematis siswa sekolah menengah atas melalui pembelajaran inkuiri model alberta.

Desertasi SPs UPI, Bandung: Tidak diterbitkan. Herdian. 2010. Model

Pembelajaran Kolaboratif MURDER. [online] Tersedia : herdy07.wordpress.com

Jacobs, V; Lamb, Lisa dan Philipp, R. 2010. Professional Noticing of children’s

Mathematical Thinking. San Diego. Journal for Research in Mathematics

Education. Meel, D, E. 2007.A case study of adjustment: Looking at a graduate teaching assistant’s struggles. Bowling Green State University. Bowling Green : meel@bgnet.bgsu.edu Ruseffendi, E.T 1991. Pengantar kepada Membantu

Guru Mengembangkan Kompetensinyadalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito --------. 1998. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan da Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press. --------. 2005.

Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya.. Bandung: Tarsito. Sudjana. 2005.

Metoda Statistika (ed. ke 6). Bandung: Tarsito Sugiyono. 2012.

Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suherman, E., dkk. 2001.

Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Common Textbook JICA. Bandung : JICA – UPI. Suryadi, D. 2005. Penggunaan variasi pendekatan pembelajaran langsung dan tak langsung dalam rangka meningkatkan kemampuan berfikir matematik tingkat tinggi siswa sltp. Disertasi pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak dipublikasi. -------. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Yoga Juanda, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MOODUNDERSTAND-RECALL-DIGEST-EXPAND-REVIEW (MURDER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2085

Terbitan

Bagian

Artikel