PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DASAR BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Penulis

  • NURAIN SURYADINATA Universitas Muhammadiyah Metro
  • NEGO LINUHUNG Universitas Muhammadiyah Metro

Abstrak

Berdasarkan prasurvey yang telah dilakukan diketahui bahwa belum adanya Bahan Ajar yang sesuai guna memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari geoemtri dasar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing pada mata kuliah Geometri Dasar yang valid dan praktis untuk digunakan dalam memfasilitasi pencapaian kemampuan belajar mahasiswa. Subyek Penelitian dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Metro. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi model Plomp (2013) yang memiliki tiga tahap yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, dan lembar angket. Berdasarkan dari hasil penelitian untuk memenuhi kriteria valid, diperoleh rata-rata hasil dari 3 validator memberikan nilai 109 dengan persentase 75,69% tergolong kriteria cukup valid. Uji coba terbatas kepada mahasiswa diperoleh nilai 3,11 yang masuk dalam kategori praktis/mudah. Penelitian berikutnya yang dapat dilakukan adalah menguji keefektifan bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing yang telah dikembangkan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akanmu, M. A., & Fajemidagba, M. O. (2013). Guided-discovery Learning Strategy and Senior School Students Performance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(12), 82-89.

Amri, S., & Ahmadi, I.. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Arynda, et al. (2012). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3), 123-132.

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145-158.

Hasibuan, H., et al. (2014). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 38-44.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In Plomp, T., & Nieveen, N. (Eds.). Educational Design Research Part A: An Introduction (pp. 11-50). Enschede: SLO.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma, 5(2), 137-144

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SURYADINATA, N., & LINUHUNG, N. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DASAR BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2088

Terbitan

Bagian

Artikel