KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • ARFATIN NURRAHMAH Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • NUR ALAMSYAH Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • RETNO NENGSIH Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 18 Jakarta tahun Pelajaran 2018/2019 dan diperoleh sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Untuk uji persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil analisis Fhitung = 34,60 > Ftabel­ = 3,99, dengan = 0,05  yang berarti bahwa motivasi belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan memiliki korelasi positif yang siginifikan antara kedua variabel penelitian tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Riski, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPPM vol.10. No.1 17-23.

Daulay, Irma Sari. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol.2(2), p. 81-99.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hendriana, Heris dkk. (2017). Hard Skills and Soft Skills. Bandung: Aditama.

Hudoyo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. JICA. Jakarta: IMSTEP.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Ningsih, Rita. Arfatin Nurrahmah. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif 6(1) 73-84.

Olpado. (2017). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematik, Vol.3 (1),p.63-70.

Uno, H. (2008) Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

NURRAHMAH, A., ALAMSYAH, N., & NENGSIH, R. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2091

Terbitan

Bagian

Artikel