MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GEOMETRI

Penulis

  • VERY HENDRA SAPUTRA Universitas Teknokrat Indonesia
  • permata permata Universitas Teknokrat Indonesia

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matematika menggunakan sofware macromedia flash pada materi geometri dan mengetahui kualitas CD pembelajaran matematika tersebut berdasarkan penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media dan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis standar isi dilanjutkan dengan mengumpulkan referensi media, kemudian penyusunan rancangan media dan membuat CD pembelajaran. CD pembelajaran yang dibuat divalidasi oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media. CD pembelajaran ini memuat standar kompetensi memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan bagian-bagianya serta menentukan ukuranya. Peneliti telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli media, materi pembelajaran serta 20 siswa SMP kelas VIII dengan skor 140,9 dari skor maximal 170 dengan persentase keidealan 82,882% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Ali. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar

Mandiri Dalam Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektromagnetik di SMK. Laporan Penelitiian Reasearch Grand PHK A2.FT UNY.

Suharsono. A. (2012). Model pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Argumented Reality. Publikasi di majalah ilmiah solusi Unsika. ISSN 1412-86676, 11(24),1-14.

Miftakh. F. (2015). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Solusi, 2( 5), 17-24.

S. Hadi. (2011). Salection Sorting Algorithm Visualization Using Flash. The international Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA), 3(1), 22-35.

Sukmadinata.N.S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SAPUTRA, V. H., & permata, permata. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GEOMETRI. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2098

Terbitan

Bagian

Artikel