PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTION, RECITE, REVIEW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA

Penulis

  • NIA GARDENIA Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Mira Gusniwati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • DIAH OGA NUSANTARI Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengajuan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen menggunakan teknik  Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGII 1 Bandung yang terdiri dari delapan kelas, adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Dari dua kelas tersebut diklasifikasikan menjadi dua kelompok pembelajaran, yaitu kelompok pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) dan pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan secara kuantitatif.  Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan pengajuan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional sehingga kesimpulan umum dalam penelitian ini adalah  penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan kemampuan pengajuan masalah matematika siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah. (2015). Profil Pengajuan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Gaya Kognitif.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). Vol. 1. No. 1 September 2015

Anna. (2005). Teknik SQ4R Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

SMA. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

English, Lyn D. 1998. Children’s Problem Posing within Formal and Informal Contexts, Journal

for Research in Mathematics Education, 29 (1): 83-106

Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung: Alfabet.

Roland G. Pourdavood & Patrick Wachira, (2015), Importance of Mathematical Communication

and Discourse in Secondary Classroom. Journal Global Journal of Science Frontier

Research: F Mathematics and Decision Sciences. Volume 15 Issue 10 Version 1.0 Year

Online ISSN: 2249-4626 & Print ISSN: 0975-5896.

Siregar, Nani R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: studi pendahuluan pada

siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Pekembangan

Indonesia. 22-24 Agustus 2017. Hotel Grasia, Semarang.

Siwono (2004). Sebuah Alternatif Pembelajaran yang Demokratis. [Online]. Tersedia:

http://tatagyes.files.wordpress.com/2009/2009//11/paper04/berpikirkreatif2.pdf[12 Februari

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini

Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi. Tersedia:

http://history22education.wordpress.com-Blog

Trianto. 2010. Model Pembelajaran terpadu. Bumi Aksara. Jakarta

Weinstein, C. E., & Mayer, R. E. (1986). The Teaching of Learning Strategies. Handbook of

Research on Teaching, vol. 3, pp. 315–327.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-13

Cara Mengutip

GARDENIA, N., Gusniwati, M., & NUSANTARI, D. O. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTION, RECITE, REVIEW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2108

Terbitan

Bagian

Artikel