PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Penulis

  • VERA DEWI SUSANTI Universitas PGRI Madiun
  • FATRIYA ADAMURA Universitas PGRI Madiun

Abstrak

Berpikir kritis matematis merupakan salah satu faktor penting dalam menyelesaikan masalah matematika, untuk meningkatkan  berpikir kritis siswa diperlukan pembelajaran yang tepat. Brain based learning merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang mampu mengoptimalkan sistem kerja otak siswa sehingga dapat membantu siswa untuk memahami, menyelesaikan masalah dan menerapkan materi tersebut. Sehingga jika sistem kerja otak siswa bisa optimal maka dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika.

Kata kunci: Brain Based Learning, Berpikir Kritis Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kotchabhakdi, Napich. 2005. Brain Based Learning: From Theories to Practice. [Online]. http://neuroscience.mahidol.ac.th/NBBC2009/NK_BrainBasedLearningJan2005aEnglish.pdf.

Jensen, E. (2008). Brain Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Yogyakarta: Pusataka Pelajar.

Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71-83.

Tüfekçi, S., & Demirel, M. (2009). The effect of brain based learning on achievement, retention, attitude and learning process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1782–1791. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.316

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Anchonhattakit, P., Duangsong, R., Muangsom, N., Kamsong, T., & Phangwan, K. (2015). Effectiveness of brain-based learning and animated cartoons for enhancing healthy habits among school children in Khon Kaen, Thailand. Asia-Pacific Journal of Public Health, 27(2), NP2028-NP2039. https://doi.org/10.1177/1010539512466425

Baylor, S. C. (2000). Brain research and technology education. In The Technology Teacher.BSNP. (2016). Data Hasil Ujian Nasional.

Caulfield, J., Kidd, S., & Kocher, T. (2010). Brain-based instruction in action. Educational Leadership.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SUSANTI, V. D., & ADAMURA, F. (2021). PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2110

Terbitan

Bagian

Artikel