UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KARAWANG BARAT

Penulis

  • SENDI FAUZAN Universitas Singaperbangsa Karawang
  • RIKA MULYATI MUSTIKA SARI Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukan bahwa adanya masalah pada penalaran matematis siswa yang masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatkan kemampuan penalaran matematis antara kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini sejalan dengan permasalahan yang terjadi sebelum dilakukannya penelitian yaitu, rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang dimana populasinya adalah kelas VII di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Dipilih dua kelas pada kelas VII sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VII.C yang menggunakan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VII.E yang menggunakan pembelajaran langsung, masing-masing kelas berjumlah 29 siswa. Kedua kelas tersebut diberikan pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan penalaran matematisnya. Analisis data kuantitatif menggunakan software SPSS 23 for windows. Hasil dari analisis N-gain menunjukan bahwa nilai sig = 0,007  0,05 ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.

 

Kata kunci: Penalaran matematis, Realistic Mathematics Education (RME)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilia S, W. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Somatis Auditory Visual dan Intellectual(SAVI). Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Apriyanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa SMP di Kabupaten Karawang. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Darma, I., Sarda, I., & Sariyasa. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep dan Daya Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Nasional Plus Jembatan Budaya. e-journal Program Studi Pendidikan Matematika.

Diah S, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Problem Based Learning pada Siswa SMP se-Kabupatan Karawang. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Fitrianti, T. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Kebiasaan Belajar SIswa Kelas XI SMAN 1 Cilamaya. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, I., & dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Inovasi Pendidikan Dasar, 1-8.

Lukman Hakim, D. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Untuk Kalangan Sendiri.

Maryuni, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP . Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Rifan A, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education(RME) pada Siswa Kelas VII SMPN 4 Karawang Barat. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sahaya, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MAN Rengasdengklok. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

Sapriati, A. (2010). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. In Makalah disampaikan dalam diktat instruktur/pengembang matematika jenjang dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sopiany, H. (2016). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Karawang: Untuk kalangan sendiri.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi(Mix Methods). Bandung: ALFABETA.

Sumartini, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanti, F. (2017). Penerapan Pembelajaran Probing Pompting Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII di MTs An-Nashir Tirtamulya. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

FAUZAN, S., & SARI, R. M. M. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KARAWANG BARAT. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2117

Terbitan

Bagian

Artikel