ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP SETELAH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN GEOGEBRA

Penulis

  • UBA UMBARA STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • ABDUL ROSYID STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstrak

Tulisan ini bertujuan menelaah lebih jauh peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP setelah memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra. Telaah yang dimaksud adalah menguji kriteria peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kriteria peningkatan tinggi, sedang, atau rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dari data N-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Uji Normalitas dan Uji Median Satu Sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,74. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh nilai Whitung sebesar 144 sedangkan Wkritis sebesar 147,98. Karena Whitung < Wkritis maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra berada pada kategori tinggi.

Kata kunci : MMP, GeoGebra, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Huang, J., & Normandia, B. (2009). Students’ Perceptions on Communicating Mathematically: A Case Study of a Secondary Mathematics Classroom. The International Journal of Learning. 16, 5, 1-21.

Jackson, M. (2017). Integration of ICT in the Mathematics Classroom. Journal of Initial Teacher Inquiry. Volume 3. 90-93.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.

McCarthy, D. S. (2010). Communication in Mathematics: Preparing Preservice Teachers to Include Writing in Mathematics Teaching and Learning. School Science and Mathematics, 108, 7, 334-340.

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Setiawan. (2010). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Bahan Ajar Diklat Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar. Depdiknas.

Yuliardi, R., dan Rosyid, A. (2017). Easy Maths With GeoGebra. Cirebon: Nurjati Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

UMBARA, U., & ROSYID, A. (2021). ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP SETELAH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN GEOGEBRA. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2119

Terbitan

Bagian

Artikel