PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTs

Penulis

  • SIHABUDIN SIHABUDIN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani sihabudin.najib@yahoo.co.id
  • MAMAN FATHURROHMAN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Salah satu tantangan pendidikan dewasa ini adalah membangun keterampilan abad 21, di antaranya adalah keterampilan melek teknologi informasi dan komunikasi (information & communication technology literacy skill), keterampilan berpikir kritis (critical thinking skill), keterampilan memecahkan masalah (problem solving skill), keterampilan berkomunikasi efektif (effective communication skill) dan keterampilan berkolaborasi (collaborate skill). Untuk mencapai keterampilan tersebut maka akan disusun suatu inovasi pembelajaran, inovasi tersebut adalah pengembangan Lembar Kegiatan Siswa yang berbasis pada Kompetensi abad 21. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa berbasis kompetensi abad 21 pada materi lingkaran kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi Tujuh langkah pokok yaitu: Analisis kebutuhan, kemampuan peneliti sebagai pengembang, Desain Produk, Konsep produk, Pengembangan, Uji ahli, dan Uji coba lapangan. Kelayakan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penilaian ahli materi mencapai kategori baik, ahli media mencapai kategori baik dan ahli bahasa mencapai kategori baik.

Kata kunci : Lembar Kegiatan Siswa, Kompetensi Abad 21

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI (pp. 1–59). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chaeruman, U. A. (2008). Rencana Pembelajaran Yang Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen

Fajriatin, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 71–76.

Gibson, R. (1997). Rethinking The Future. London: Nicholas Brealy Publishing.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematikatematika, 1(2), 30–42.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Pemerintah Nomor 021 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemdikbud. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Dalam Perencanaan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SIHABUDIN, S., Anriani, N., & FATHURROHMAN, M. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTs. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2127

Terbitan

Bagian

Artikel