IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LDG’S DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI DERET GEOMETRI TAK HINGGA

Penulis

  • IDRIS ISKANDAR Universitas Singaperbangsa Karawang
  • DWI GUSTIYONO Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Karya tulis ini adalah hasil observasi yang telah dilakukan di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Telukjambe Timur yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan alat peraga LDG’S dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga dengan rasio setengah. Teknik observasi berupa pengamatan langsung dengan cara mempresentasikan alat peraga LDG’S untuk menyelesaikan permasalahan matematika berupa soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga. Hasil observasi menunjukkan: implementasi penggunaan alat peraga LDG’S dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga dengan rasio setengah berhasil dilakukan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Telukjambe Timur dengan rincian (1) siswa dapat mengerjakan soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada deret geometri tak hingga lebih efektif dengan menggunakan alat peraga LDG’S; (2) lebih banyak siswa yang antusias mencoba mengerjakan soal dengan bantuan alat peraga LDG’S; dan (3) sedikitnya siswa yang antusias mencoba mengerjakan soal secara manual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azmi, S. (2011). Penggunaan Alat Peraga Keping Pecahan dalam Pembelajaran Deret Geometri Tak Hingga. Beta [Online], 4(1), 14-29. Retrieved from http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/89/42/ [25 Desember 2018]

Firdaus, A. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika [Online]. Retrieved from https://madfirdaus.wordpress.com/2009/11/23/kemampuan-pemecahan-masalah-matematika/ [25 Desember 2017]

Fitri , A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika [Online], 1(1), 26-36. Retrieved from https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/download/459/421 [25 Desember 2017]

Kemdikbud. (2017). Rekapitulasi Hasil Ujian Nasional [Online]. Retrieved from https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ [25 Desember 2017]

Madematika. (Tanpa Tahun). Deret Geometri Tak Hingga dan Contoh Soalnya [Online]. Retrieved from http://www.madematika.net/2017/10/deret-geometri-tak-hingga-dan-contoh.html [25 Desember 2017]

Matematika, P. (2010). Berbagai Alat Peraga untuk Pembelajaran Limit Deret Geometri di SMA. Retrieved from https://docs.google.com/viewer?url=https://docs.google.com/uc?id%3D0B4Y-IxzzEvxGZmYzMjk0NTgtYmJhYy00NThkLWIxNmQtYjM2NDgyNWRhMWFm%26export%3Ddownload%26hl%3Den [25 Desember 2017]

Mawaddah , S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT [Online], 3(2), 166-175. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444169&val=9364&title=Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematis%20Siswa%20Pada%20Pembelajaran%20Matematika%20dengan%20Menggunakag)%20di%20SMPn%20Model%20Pembelajaran%20Generatif%20(Generative%20Learning)%20di%20SMP [25 Desember 2017]

PISA. (2015). PISA 2015 Result in Focus [Online]. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf [25 Desember 2017]

Purnamasari, P. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk pada Pokok Bahasan Peluang [Online]. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/download/2643/4149 [25 Desember 2017]

Riyanto, Wardono, & Wijayanti, K. (2014). Keefektifan PMRI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Serupa PISA pada Kelas VII. Kreano [Online], 5(1), 33-40. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=272675&val=5678&title=Keefektivan%20PMRI%20Berbantuan%20Alat%20Peraga%20Terhadap%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Serupa%20PISA%20Pada%20Kelas%20VII [25 Desember 2017]

Sani, A. (2016). Hubungan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah [Online]. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/2346/3/BAB%20II.pdf [25 Desember 2017]

Setiawan, A., & Santosa, R. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan pemecahan Masalah dan Kreativitas Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], 6(2), 41-47. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/viewFile/5980/5714 [25 Desember 2017]

TIMSS. (2015). Math Student Achievement Infographic Grade 4 [Online]. Retrieved from http://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/mathematics/1.-student-achievement/1_0_4_math-student-achievement-infographic-grade-4.pdf [25 Desember 2017]

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi [Online]. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/81811-ID-analisis-kemampuan-pemecahan-masalah-mat.pdf [25 Desember 2017]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

ISKANDAR, I., & GUSTIYONO, D. (2021). IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LDG’S DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI DERET GEOMETRI TAK HINGGA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2128

Terbitan

Bagian

Artikel