PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Penulis

  • Nodya Ambarmaya unsika
  • indrie aini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan (valid dan praktis) bahan ajar matematika berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan Kontekstual yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah pada materi Bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan yang diadaptasi oleh Sugiyono dari Borg and Gall. Subjek penelitian kali ini adalah validator ahli materi dan ahli media, dan siswa kelas VII E SMPN 1 Telukjambe Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi mendapatkan kriteria cukup valid dengan nilai presentase 76.64% dan penilaian ahli media mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai presentase 87.04%. Pada tahap uji coba terbatas produk mendapatkan kriteria cukup efektif dengan nilai presentase 72.62%. Pada tahap uji coba lapangan utama pun mendapatkan kriteria cukup efektif dengan nilai presentase 79.76%.  Dan pada uji coba tahap lapangan operasional mendapatkan kriteria sangat efektif dengan nilai presentase 86.44%. Sehingga berdasarkan penilaian dapat dikatakan bahwa bahan ajar matematika berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan Kontekstual materi Bilangan mendapatkan kriteria baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, Sa’ud. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Dimyati, Asep. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VIII SMP. SKRIPSI.

Lestari, K.E. dan M.Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Ningrum, Izza Eka dan Suparman. 2017. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berpendekatan Kontekstual”. Prosiding Seminar Nasional Etnomathesia. 698-701. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahmawati, Uki. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 2. SKRIPSI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Mauhin dan Zuhchrotus Salamah. 2015. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sains Berbasis Keterampilan Proses Materi Cahaya Kelas V SD. Artikel Publikasi. 1-16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Ambarmaya, N., & aini, indrie. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2134

Terbitan

Bagian

Artikel