PROSES PENYELESAIAN SOAL BERDASARKAN PEMAHAMAN POLYA PADAMAHASISWA DALAM MATA KULIAH KALKULUS VEKTOR

Penulis

  • RANI SUGIARNI Universitas Suryakencana Cianjur

Abstrak

Mata kuliah kalkulus vektor merupakan mata kuliah yang bersifat abstrak sering kali mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengguasai pemahaman terhadap materi. Metode penelitian menggunakan metodedeskriptif kuantitatif. Padapenelitianini, subjeknya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana  tingkatVI semester 7 tahun akademik 2017-2018 pada mata kuliah Kalkulus Vektor. Teknik Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakaninstrumenttes yakni soal kekampuan pemahaman Polya. Berdasarkan hasilanalisisdisimpulkan pemahaman mekanikal Soal no 3 terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 85 % dan untuk soal no 5 yakni 67 %. Soal no 1a dan 1b kemampuan induktif terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 82 % dan 85 % kemampuan pemahaman induktif. Lain hal pemahaman rasional dengansoal no 2 terlihat sebagian besar mahasiswa paham sebagian dengan presentasi 70 %dan untuk no 4 sebagian besar mahasiswa tidak paham dengan presentasi 48%.  Pemahaman intuitif Soal no 6 terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 88 % dan untuk no 7 sebagian besar mahasiswa  paham dengan presentasi 70%. Dari keseluruhan indikator kemampuan Polya dari hasil jawaban presntasi kemampuan rasional mahasiswa pada mata kuliah kalkulus vektor sebagian besar dalam kategori tidak paham dan paham sebagian. Mahasiwa masih lemah dalam menemukan kebenaran atau pebuktian suatu rumus terutama kelengkungan.

 

Kata kunci: Pemahaman Polya, Kalkulus Vektor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Solo : RINEKA CIPTA.

Gurdayanti, Rizki. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Herdian. (2010). Pengaruh Metode Disaery terhadap Kemapuan Analogi dan Generalisasi Matematis SiswaSMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Rinrin. (2009). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SMP Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNSUR Cianjur : tidak diterbitkan.

Sumarmo,U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SUGIARNI, R. (2021). PROSES PENYELESAIAN SOAL BERDASARKAN PEMAHAMAN POLYA PADAMAHASISWA DALAM MATA KULIAH KALKULUS VEKTOR. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2143

Terbitan

Bagian

Artikel