PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMEDANG SELATAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar di Kecamatan Sumedang Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Populasi yang dipilih yaitu sekolah dasar se Kecamatan Sumedang Selatan. Sampel dipilih secara random, yaitu enam sekolah dasar kelas V di Kecamatan Sumedang Selatan dengan jumlah seluruh siswa 130 siswa. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan representasi siswa sekolah dasar di Kecamatan Sumedang Selatan hanya 34,6% termasuk kategori sangat rendah. Jika dilihat per aspek, pada aspek representasi verbal sebesar 41,2% dalam kategori sangat rendah, pada aspek representasi simbol sebesar 28,1% dalam kategori sangat rendah, dan pada aspek represntasi visual sebesar 34,6% dalam kategori sangat rendah.
Kata kunci : kemampuan representasi matematisUnduhan
Referensi
Apriani. (2016). Analisis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Tidak Diterbitkan. Skripsi : Universitas Sanata Darma.
Arnidha, Yunni. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Koperatif Think Pair Share. Vol 2 (1) 128-137.
Aryanti, dkk. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FKIP UNTAN. Vol 02(01).: 1-8.
Putri. (2015). The Influence Of Concrete Pictorial Abstract (Cpa) Approach To The Mathematical Representation Ability Achievement Of The Preservice Teachers At Elementary School . International Journal of Education and Research . Vol 3 (06), 133-126.
Saragih, dkk. (2017). Students Who Realistic Mathematics Learning and Contextual Teaching and Learning Approached (CTL) in SMP N 12 MEDAN. Journal of Education and Practice Vol 8 (30), 92-100.
Syafri. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath . Vol 3 (1), 49-55.
Triono. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Tangerang Selatan. Tidak Diterbitkan: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Yumiati dan Novianti. (2017). Analysis Of Mathematic Representation Ability Of Junior High School Students In The Implementation Of Guided Inquiry Learning. Journal of Mathematics Education. Vol 6 (02), 137-148.