ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • NADYA MASTRIN AIDA FITRI unsika
  • alpha adhirakasiwi unsika
  • marsah utami unsika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dan menganalisis faktor-faktornya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Cikampek tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial: (a) subjek 1 mengalami kesulitan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (b) subjek 2 mengalami kesulitan merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (c) subjek 3 mengalami kesulitan pada merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (d) subjek 4 mengalami kesulitan pada merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (e) subjek 5  mengalami kesulitan pada memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (f) subjek 6 mengalami kesulitan pada memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian. Faktor lain yang turut mempengaruhi yaitu perhatian dan minat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilia, P.I. (2017) “Analisis Kesulitan Siswa yang Dominan Menggunakan Otak Kanan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat”. Skripsi: FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Ariestina SD, M.P. (2014) “Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika Unila 2(2), 3.

Astutik, Y, dkk. (2015). “Analisis Kesalahan Siswa Daalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial”. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Siduarjo. 3 (1), 95-100.

Evijayanti, W. (2016). “Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial”. Publikasi Ilmiah: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hadi, S.,& Radiyatul. (2014) “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Disekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1) 53-61.

Haryati, L. (2013). “Kesulitan-kesulitan Yang Dihadapi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar Purbalingga”. Skripsi: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Jamal, F. (2014). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 18-36.

Khasanah, U. (2015) “Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP”. [Online]. Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32806

Ni’mah, H. (2010) “Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Melibatkan Pecahan Di SD Negeri Kedondong 1”. [Online]. Tersedia : Http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8744

Putri, Z.R. (2017) “Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Aljabar”. Skripsi: FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Vilianti, Y.C (2017) “Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Aritmatika Sosial Oleh Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Tahap Polya”. [Online]. Tersedia: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14583

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

MASTRIN AIDA FITRI, N., adhirakasiwi, alpha, & utami, marsah. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2153

Terbitan

Bagian

Artikel