PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PERSAMAAN DIFERENSIAL

Penulis

  • ELIVA SUKMA CIPTA Universitas Islam Nusantara
  • rippi maya ikip siliwangi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan dan pencapaian kemampuan pemahaman matematik (KPM) yang lebih baik antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan pembelajaran konvensional (PK), ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa (tinggi, sedang, rendah). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian melibatkan 73 orang mahasiswa. Intrumen yang digunakan seperangkat tes uraian KPM. Data hasil penelitian dianalisis dengan anova dua jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa ditinjau dari keseluruhan terdapat perbedaan peningkatan KPM yang signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan PBM dan PK serta tidak terdapat perbedaan peningkatan KPM yang signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan PBM dan PK ditinjau dari KAM mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armiati. (2011). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi UPI Bandung. Tidak dipublikasikan.

Cai, J. Lane, S. & Jakabcsin, M.S. (1996a). Assessing Students Mathematical Comunication” Official of the Science and Mathematics. 96 (5) 238-246.

Dewanto, S.P. (2007). Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan variable Nonkognitif Lain TerhadapPencapaian Kemampuan Representasi Multiple Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi UPI Bandung. Tidak dipublikasikan.

Kariadinata, R. (2001). Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Analogi Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif.Tesis UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press

Roh, Kyeong Ha. (2003). Problem-Based Learning in Mathematics. Dalam ERIC Digest. ERIC Identifier: EDO-SE-03-07. Tersedia: http://www.citeseerx.1st.psu.edu/ [22 Desember 2017]

Sobarningsih, N. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tesis UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Tan, Oon-Seng. (2004). Cognition, Metacognition, and Problem-Based Learning, in Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.

Ramdani, Y. (2013). Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Konsep Inegral. Disertasi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SUKMA CIPTA, E., & maya, rippi. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PERSAMAAN DIFERENSIAL. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2155

Terbitan

Bagian

Artikel