PERILAKU MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA STATISTIKA MATEMATIKA DITINJAU DARI KESALAHANNYA

Penulis

  • PUJI SAVVY DIAN FAIZATI STKIP PGRI Lumajang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menggambarkan perilaku mahasiswa STKIP PGRI Lumajang dalam menyelesaikan soal cerita statistika matematika ditinjau dari kesalahannya. Penelitian ini dilakukan di offering A angkatan 2015 Semester Genap 2017/2018 dengan 6 subjek terpilih yang mewakili kategori mahasiswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data dengan cara pemberian tes dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan pendekatan analisis berdasarkan kategori kesalahan yang diidentifikasi dari tahapan analisis kesalahan Newman. Kemudian perilaku mahasiswa dikategorikan berdasarkan indikator Pape dalam DTA(Direct Translation Approach) dan MBA(Meaning Based Approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam  menyelesaikan soal cerita, perilaku mahasiswa berbeda jika dilihat dari kesalahan yang dilakukannya. Mahasiswa salah pada tahapan comprehension  dan transformation memiliki perilaku DTA. Sedangkan mahasiswa dengan perilaku MBA seringkali salah pada tahapan encoding. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa dengan perilaku DTA-Limited Context tetapi menuliskan penjelasan walaupun terbatas dimana indikator ini tidak terdapat dalam kategori yang dikemukakan oleh Pape.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aizikovitsh-udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositionsto Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High. Creative Education, 6(March), 455–462. http://doi.org/10.4236/ce.2015.64045

Clarkson, P. C., & Campus, M. (1991). Language comprehension errors: A further investigation. Mathematics Education Research Journal, 3(2), 24–33.

Cooper, B., & Dunne, M. (2000). Assessing children’s mathematical knowledge: Social class, sex, and problem solving. BuckinAgham: Open University Press.

Pape, J. Steven. (2004). Middle School Children’s Problem Solving Behavior: ACognitive Analysis from a Reading Comprehension Perspective. Journal of Mathematics Teacher Education (Vol 35 No 3: 187-219)

Prakitipong, Natcha & Nakamura, Satoshi. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. CICE Hiroshima University, Journal of International Cooperation in Education (Vol. 9).Retrieved from http://home.hiroshima-u.ac.jp/cice/wp-content/uploads/publications/Journal9-1/9-1-9.pdf

Subanar. 2007). Pengantar probabilitas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasional.

Wijaya, A., Van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: an analysis of students’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 541–554.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

SAVVY DIAN FAIZATI, P. (2021). PERILAKU MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA STATISTIKA MATEMATIKA DITINJAU DARI KESALAHANNYA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2156

Terbitan

Bagian

Artikel