Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Penulis

  • Muhammad Alfian Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 12 Tambun Selatan. Pemilihan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket kemandirian belajar siswa dan nilai matematika siswa pada ujian tengah semester ganjil. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan analisa regresi. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan t hitung = 6,621 dan t tabel = 2,024 yang artinya t hitung > t tabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Untuk mengetahui besarnya kontribusi pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 61% sedangkan 39% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Persamaan regresi nya adalah Y = 21,546 + 0,594X hal ini menunjukkan setiap kenaikan kemandirian belajar siswa akan diikuti oleh kenaikan prestasi belajar matematika.

Kata kunci:
Pengaruh, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Mandari, Syafinuddin. 2004. Rumahku Sekolahku. Jakarta: Pustaka Zahra.

Ariska, Elsa. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Ayu Cithia Dewi, Fransisca. 2017. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Studi Kasus Pada Siswa SMK 7 Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta.

Azwar, Syaifuddin. 2000. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fitriani, Asri. 2013. Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya Bagi Siswa SMP. Artikel Publikasi.

Kusumaningrum, Puspita. 2015. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Belajar Di Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia : Kediri.

Melissa, Margaretha. 2016. Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) VII E SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM). Vol. 2/No. 1. ISSN : 977-2442-878-035.

Ningsih dan Nurrahmah. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6(1) : 73-84. ISSN : 2088-351X.

Lestariza, Ocky. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik, Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indraprasta PGRI : Jakarta.

Pramesti, Getut. 2016. Statistika Lengkap secara Teori dan Aplikasi dengan SPSS 23. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Rafikha, Israwati, Bachtiar. 2017. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2/No. 1. 115-123.

Simanullang, Bitman. 2017. Mengembangkan Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri, Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah WIDYA Eksakta. Vol. 1/No. 1. ISSN : 2337-6686.

Somawati. 2016. Pengaruh Kecemasan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMA Negeri Di Kecamatan Pasar Rebo. Research and Development Journal of Education. Vol. 3/No. 1. ISSN : 2406-9744.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Hidayat, M. A., & Sutirna, S. S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486

Terbitan

Bagian

Artikel