Kemampuan Berpikir Visual Siswa Pada Materi Geometri

Authors

  • Azhar Syahfirza Ramli Hutama Tegas Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Berpikir visual dapat dijadikan alternatif bagi siswa dalam memahami dan memecahkan permasalahan matematika. Akan tetapi, hanya beberapa siswa saja yang terbiasa berpikir visual. Sebagai upaya mendalami masalah kesulitan siswa dalam berpikir visual, artikel ini mengkaji kemampuan berpikir visual siswa pada materi geometri dalam cakupan bangun datar dan bangun ruang. Hal ini diupayakan agar siswa dapat mengumpulkan dan memilah informasi berdasarkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, memilih dan mencari pola yang cocok untuk memecahkan masalah, memperoleh solusi dengan menggunakan pola yang telah dipilih, dan menggambarkan serta menjelaskan hasil yang diperoleh. Dari kajian pustaka yang telah diperoleh mengenai persoalan geometri, kemudian respon siswa dikaji berdasarkan indikator berpikir visual. Hasil kajian ini menunjukan belum banyak siswa yang mengandalkan kemampuan berpikir visual dalam menyelesaikan persoalan geometri.

 

Kata kunci:

Bangun Datar, Bangun Ruang, Berpikir Visual.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-18

How to Cite

Tegas, A. S. R. H., & Warmi, A. (2019). Kemampuan Berpikir Visual Siswa Pada Materi Geometri. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2859

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2