PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS STORYTELLING SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA ANAK DI ERA PANDEMIC COVID-19

Penulis

  • Iyan Rosita Dewi Nur

Abstrak

COVID-19 berdampak besar pada pendidikan online karena hampir seluruh sekolah baik di tingkat dasar, menengah dan pendidikan tinggi diharuskan beralih ke modalitas online 100%. Pembelajaran pada masa kanak-kanak, sering terjadi masalah perilaku yang lebih menyulitkan daripada masalah perawatan pada bayi. Alasan mengapa masalah perilaku lebih sering terjadi di masa awal kanak-kanak ialah karena anak muda sedang dalam proses pengembangan kepribadian yang unik dan menuntut kebebasan yang pada umumnya kurang berhasil. Anak yang lebih muda seringkali bandel, keras kepala, tidak menurut negativistis dan melawan, serta sering kali marah tanpa alasan. Oleh karena itu, tugas guru yang dibantu orangtua saat mempersiapkan penyampaian pengajaran online, penting untuk memikirkan bagaimana lingkungan rumah dapat tetap menjadi tempat belajar yang tepat disesuaikan dengan tidak merubah fitrahnya anak-anak. Dengan bermain dan belajar dari rumah sebagai pengganti tatap muka, model pembelajaran yang diterapkan diharapkan anak tetap dapat bermain sambil belajar dan mengembangkan diri di tengah masa darurat ini. Konsep sentral dalam teori pembelajaran transformatif adalah bahwa individu membuat makna dari pengalaman mereka dan merevisi makna tersebut berdasarkan pengalaman baru yang tidak sesuai dengan sudut pandang mereka sebelumnya. sama halnya, konsep sentral dalam sastra bercerita adalah bahwa kita memahami hidup kita melalui cerita.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Rosita Dewi Nur, I. (2021). PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS STORYTELLING SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA ANAK DI ERA PANDEMIC COVID-19. Prosiding Sesiomadika, 3(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/4856