PENERAPAN METODE LATTICE DALAM MENANGANI KESULITAN OPERASI PERKALIAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 229 Pasarkemis Tangerang)

Penulis

  • Sekar Pangesti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Operasi perkalian merupakan materi dasar pelajaran matematika yang harus dipahami oleh siswa. Dalam penyelesaian perkalian angka banyak sering sekali siswa mengalami kesalahan karena kurangnya kemampuan berhitung. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari penerapan metode lattice dalam menyelesaikan perkalian dengan angka banyak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP PGRI 229 Pasarkemis dan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan tipe the one group pre-test and post-test. Analisis data menggunakan uji t dua sampel berpasangan (Paired Sample t Test). Hasil menunjukan nilai postest lebih besar dari nilai pretest, hal ini berarti ada peningkatan hasil dari penerapan metode lattice dalam menangani kesulitan operasi perkalian sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000, yang mana lebih kecil dari 0.05, dengan demikian  ditolak dan  diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Pangesti, S., & Yudhanegara, M. R. . (2023). PENERAPAN METODE LATTICE DALAM MENANGANI KESULITAN OPERASI PERKALIAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 229 Pasarkemis Tangerang). Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7600