ANALISIS PERBEDAAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP PADA SAAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DAN LURING
Abstrak
Self confidence atau kepercayaan diri merupakan suatu hal yang penting dalam belajar, dengan kepercayaan diri, bisa membuat seseorang lebih optimis dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana perbedaan self confidence (kepercayaan diri) siswa SMP pada saat pembelajaran matematika secara luring dan daring. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX di suatu sekolah menengah pertama yang ada di karawang dengan total 43 siswa. Kelas tersebut pernah mengalami pembelajaran matematika secara daring dan luring. Sampel diambil berdasar rekomendasi guru di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil tes pada penelitian ini menunjukan perbandingan kelompok tingkat self confidence siswa pada saat pembelajaran daring dan luring adalah sama. Namun, rata-rata perolehan nilai/skor self confidence siswa saat pembelajaran daring lebih besar 0,33 dari pada pembelajaran secara luring. Dengan perolehan rata-rata nilai/skor 59,86 untuk pembelajaran daring dan 59,53 untuk pembelajaran luring.