Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Annisaa Kossahdasabitah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa digambarkan dengan menggunakan indikator motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dan populasi utama penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Teratai Putih Global tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen non tes yaitu angket yang terdiri dari 21 item dengan menggunakan skala likert, dimana penggunaan angket ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa yang didasari oleh indikator. Dari penelitian yang telah dilakukan ditunjukan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang didasarkan pada indikator ditunjukan dalam bentuk rata-rata skor sebagai berikut: 1) tujuan orientasi internal dengan rata-rata skor sebesar 3,73; 2) tujuan orientasi eksternal dengan rata-rata skor sebesar 3,52; 3) catatan penugasan dengan rata-rata skor sebesar 3,74; 4) manajemen keyakinan pembelajaran dengan rata-rata skor sebesar 3,54; 5) kepercayaan diri dengan rata-rata skor sebesar 3,25; dan 6) kecemasan saat tes dengan rata-rata skor sebesar 3,42. Rata-Rata total indikator menunjukkan motivasi belajar matematika siswa rata-rata 3,53 yang berarti dapat dikategorikan motivasi yang dimiliki siswa sudah baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Kossahdasabitah, A., & Haerudin. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7648