Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar
Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam mengungkapkan pemikirannya ke dalam kalimat atau simbol matematika dan bahasa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan materi aljabar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu satu sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 17 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis dengan bentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi sistematis siswa masih tergolong rendah dikarenakan hasil nilai tes siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai maksimum yaitu 50.
Kata kunci : matematika, komunikasi matematis, dan materi aljabar.