Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan self-concept matematis siswa terhadap
hasil pembelajaran matematika. Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 3 Karawang Timur tahun
ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 35 siswa. Pengambilan data diperoleh menggunakan
instrumen non-tes yaitu berupa angket yang terdiri dari 5 indikator self-concept matematis
dengan jumlah pernyataan sebanyak 20 item positif dan negatif. Hasil analisis self-concept
matematis yang diperoleh pada setiap indikator berada pada kriteria penafsiran hampir
setengahnya. Artinya, hampir setengahnya siswa telah memenuhi indikator self-concept
matematis dan mampu menunjukkan konsep diri yang positif saat pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa diperoleh jumlah persentase rata-rata setiap
indikatornya yaitu sebesar 32%..