Proses Pembuatan Tangki Deaerator Berpenampang Oval Dengan Beban Tekanan Internal Pada PT. Nuansa Nisa Met

Penulis

  • Ismawati Ismawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/sigmat.v2i02.6681

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan tangki Deaerator berpenampang oval. Dalam proses produksi pembuatan tangki Deaerator berpenampang oval perlu melalui beberapa proses seperti marking, cutting, pengerollan, pembodeman, flanging dan lain-lain.

Seperti yang kita ketahui marking merupakan proses pembuatan sketsa gambar rencana kerja yang sudah ada yang digunakan sebagai panduan untuk memulai setiap pekerjaan atau pemasangan. Selanjutnya, proses cutting. Cutting merupakan proses pemotongan benda kerja sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Adapula proses pengerollan, merupakan proses menipiskan benda kerja dengan menggunakan daya tekan. Kemudian ada proses pembodeman, pembodeman merupakan proses dimana benda kerja (plat baja) di press dengan palu hidrolik dan dibentuk sesuai kebutuhan. Dan proses selanjutnya yaitu flanging, flanging merupakan proses pembengkokan dimana bagian ujung lembaran logam ditekuk dengan sudut 90 derajat. Pembengkokan tepi atau ujung ini biasanya untuk membentuk flensa. Proses ini tergolong proses bending.   

Selain itu kita juga dapat mengetahui macam-macam kecacatan yang terjadi pada tangki, seperti pengok, tidak presisi dan bocor. Kecacatan tersebut diakibatkan karena mesin, manusia dan tata letak. Serta dapat mengetahui volume tangki Deaerator berpenampang oval dengan r = 620 dan h = 1620 yaitu sebesar 1,9563 .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31