Analisis perawatan mesin cetakan injeksi dengan metode overall equipment effectiveness (OEE) di PT. Palapa Engineering

Penulis

  • Esti Taqwaningrum Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/sigmat.v2i02.6790

Abstrak

Pertumbuhan penduduk yang meningkat berbanding lurus dengan kebutuhan yang meningkat, dengan meningkatnya kebutuhan maka proses produksi harus bekerja secara optimal agar kebutuhan penduduk dapat terpenuhi. Memenuhi kebutuhan konsumen merupakan suatu kewajiban bagi perusahaan jika perusahaan ingin terus berkembang dan mampu bersaing secara global [1]. Salah satu faktor terpenting dalam proses produksi adalah kinerja mesin. Tindakan perawatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya breakdown sehingga proses produksi dapat terus berjalan.

Pemeliharaan peralatan adalah fungsi yang sangat diperlukan dalam perusahaan manufaktur. Dalam proses manufaktur, produktivitas adalah ukuran utama untuk mencerminkan kinerja kapasitas proses secara keseluruhan seperti manusia, mesin, pabrik, sistem, dan lain-lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu Overall Equipment Effectiveness (OEE) juga diperkenalkan sebagai alat ukur untuk mengukur efektivitas mesin berdasarkan tiga parameter yaitu; Availability (A), Performance rate (P), dan Quality rate (Q) [2].

 Analisis perhitungan nilai overall equipment effectiveness (OEE) dilakukan untuk dapat melihat tingkat efektifitas penggunaan mesin Injection Molding selama periode Juli – September 2021. Perhitungan overall equipment effectiveness (OEE) didapatkan dari nilai availability yaitu ketersediaan mesin, nilai performance yaitu kinerja mesin dan nilai quality yaitu mutu atau kualitas produk. Nilai rata-rata dari Overall Equipment Effectiveness (OEE) tertinggi selama periode Juli – September 2021 yaitu 66,97% yang terdapat pada bulan September. Hal ini masih jauh dari keadaan ideal OEE yaitu diatas 90%. Akan tetapi pada setiap periodenya nilai performance dan quality telah mengalami peningkatan yang artinya kinerja mesin dan kualitas produk semakin membaik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31